Selasa, 19 Oktober 2010

Analisis Situasi Pasar

Perubahan situasi pasar belakang ini banyak disebabkan oleh adanya perubahan kebutuhan pembeli, teknologi yang semakin berkembang, berubahnya kekuatan sosial ekonomi, dan kegiatan persaingan antar produsen.

Menurut Cravens (2000), Analisa situasi pasar persaingan adalah langkah pertama dalam merancang strategi baru atau mengkaji strategi yang sudah ada. Analisa situasi ini dilakukan setelah strategi diimplikasikan untuk menentukan perubahan strategi yang diperlukan. Penilaian situasi biasanya pendefinisian dan penganalisaan pasar, dan analisa pesaing.

Sumber : Cravens, W.David, 2000, Pemasaran Strategis, Erlangga, Jakarta

Analisa situasi pasar yang menarik untuk saya jadikan topik dalam postingan ini ialah mengenai Software House, karena perkembangan teknologi khususnya dibidang IT semakin berkembang dan banyak persaingan didalamnya.

Software house adalah sebuah bisnis di bidang jasa, menawarkan pembuatan aplikasi sesuai permintaan. Menurut saya dalam pembentukan sebuah perusahaan dibidang software house ini sedikitnya dibutuhkan 3 divisi dalam kegiatan usahanya. yaitu :

  • Sistem Analis : divisi yang bertugas menganalisa permintaan konsumen.
  • Programmer : divisi yang bertugas membuat software sesuai permintaan konsumen.
  • Marketing : divisi yang bertugas mencari proyek-proyek software

Dalam setiap proyek-proyek dibidang software house, hal-hal yang harus diperhatikan dalam setiap proyeknya ialah jenis aplikasi, harga aplikasi, waktu pengerjaan.

  • Jenis Aplikasi

sangat harus diperhatikan lingkungan dari aplikasi yang dibuat bisa berjalan, misalnya seperti operating system, spesifikasi hardware, ataupun software pendukung. Dan juga harus didokumentasikan kelebihan dan kekurangan yang ada pada aplikasi tersebut.

  • Harga Aplikasi

Harga aplikasi yang dibuat, aplikasi yang sekiranya sangat membantu/mempermudah user pastinya tidak murah, aplikasi game jangan sampai terlalu mahal, kecuali game itu benar benar canggih. Harga sebuah aplikasi yang dibuat sangat dipengaruhi kecanggihan aplikasi yang dibuat.

  • Waktu Pengerjaan

Waktu pengerjaan ini sangatlah penting dalam bisnis ini, karena ini juga menjaga ke-profesional-an perusahaan tersebut. Setidaknya dalam pemberian janji kepada konsumen mengenai waktu pengerjaan haruslah tidak terlalu lama dan juga tidak terlalu cepat, supaya konsumen bisa puas dan system aplikasi yang dibuat juga bisa berjalan sesuai dengan keinginan.

Seperti itulah gambaran saya mengenai analisis situasi pasar dalam hal bisnis software house. sekiranya postingan saya ini bisa berguna bagi kawan-kawan sesama blogger, pebisnis ataupun masyarakat yang tertarik bisnis ini. Terima kasih dan tunggu postingan saya berikutnya


Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Analisis Situasi Pasar"

Posting Komentar