Bisnis di bidang Software House pada saat ini sangatlah berkembang pesat, karena banyak perusahaan-perusahaan yang ingin bermigrasi dari yang sebelumnya berbasis manual sekarang mulai berbasis otomatis atau dengan menggunakan software khusus untuk perusahaan tersebut. Oleh karena itu banyak pebisnis yang mulai melirik bisnis dibidang software house ini, dan ini tentunya akan menimbulkan persaingan diantara pebisnis-pebisnis tersebut supaya produk yang mereka tawarkan bisa laku dipasaran. Hal ini sangatlah menarik untuk dipandang dan di analisa, oleh karena itu pada postingan saya kali ini akan mengambil topik mengenai persaingan bisnis dibidang software house.
Keberhasilan bisnis salah satunya ditentukan oleh kemampuan memahami pesaing. Output dari kemampuan tersebut, menopang manajemen dalam memutuskan dimana akan bersaing dan bagaimana posisi diantara pesaing. Demikian karena, analisis dilakukan dengan cara identifikasi industri dan karakteristiknya, identifikasi bisnis di dalam industri, kemudian masing-masing bisnis pun dievaluasi, prediksi aktifitas pesaing termasuk identifikasi pesaing baru yang mungkin menerobos pasar maupun segmen pasar.
Dalam mempertahankan bisnisnya tersebut, para pebisnis sangatlah memerlukan analisis pesaing-pesaingnya. Dan tentunya untuk analisis pasar dalam bidang software house sudah saya postingkan sebelumnya.Namun menurut sumber yang saya baca, banyak perusahaan-perusahaan lebih memilih software house dari luar negeri dibandingkan dari dalam negeri ini. Ini menunjukkan bahwa pasar software dari luar negeri banyak lebih diterima dipasaran, dan pasar software dari dalam negeri kurang mampu untuk bersaing. Hal ini disebabkan oleh karena :
- Keterbatasan pengetahuan tentang software developer.
- Kurangnya ide dan inovasi produk
- Kurangnya perlindungan dari pemerintah mengenai pengembangan software lokal
- Keterbatasan modal usaha
Banyak hal-hal yang bisa kita jadikan acuan untuk menganalisa persaingan bisnis. Hal tersebut ialah sebagai berikut ini :
- Harga produk
- Jenis produk
- Strategi marketing
- Mutu produk
Seperti itulah analisa persaingan yang bisa saya sampaikan dalam postingan saya kali ini. Semoga ini dapat dijadikan acuan bagi para agan-agan yang baru mau memulai bisnis dibidang software house. Oke terima kasih banyak sampai ketemu lagi dipostingan berikutnya ya...salamm superrrrr....
0 komentar: on "Analisis Persaingan Bisnis Dalam Hal Bisnis Software House"
Posting Komentar