Selasa, 26 Oktober 2010

Analisis Persaingan Bisnis Dalam Hal Bisnis Software House

Bisnis di bidang Software House pada saat ini sangatlah berkembang pesat, karena banyak perusahaan-perusahaan yang ingin bermigrasi dari yang sebelumnya berbasis manual sekarang mulai berbasis otomatis atau dengan menggunakan software khusus untuk perusahaan tersebut. Oleh karena itu banyak pebisnis yang mulai melirik bisnis dibidang software house ini, dan ini tentunya akan menimbulkan persaingan diantara pebisnis-pebisnis tersebut supaya produk yang mereka tawarkan bisa laku dipasaran. Hal ini sangatlah menarik untuk dipandang dan di analisa, oleh karena itu pada postingan saya kali ini akan mengambil topik mengenai persaingan bisnis dibidang software house.
Keberhasilan bisnis salah satunya ditentukan oleh kemampuan memahami pesaing. Output dari kemampuan tersebut, menopang manajemen dalam memutuskan dimana akan bersaing dan bagaimana posisi diantara pesaing. Demikian karena, analisis dilakukan dengan cara identifikasi industri dan karakteristiknya, identifikasi bisnis di dalam industri, kemudian masing-masing bisnis pun dievaluasi, prediksi aktifitas pesaing termasuk identifikasi pesaing baru yang mungkin menerobos pasar maupun segmen pasar.
Dalam mempertahankan bisnisnya tersebut, para pebisnis sangatlah memerlukan analisis pesaing-pesaingnya. Dan tentunya untuk analisis pasar dalam bidang software house sudah saya postingkan sebelumnya.Namun menurut sumber yang saya baca, banyak perusahaan-perusahaan lebih memilih software house dari luar negeri dibandingkan dari dalam negeri ini. Ini menunjukkan bahwa pasar software dari luar negeri banyak lebih diterima dipasaran, dan pasar software dari dalam negeri kurang mampu untuk bersaing. Hal ini disebabkan oleh karena :
  • Keterbatasan pengetahuan tentang software developer.
  • Kurangnya ide dan inovasi produk
  • Kurangnya perlindungan dari pemerintah mengenai pengembangan software lokal
  • Keterbatasan modal usaha
Itu hanya sedikit analisis persaingan pasar software dari aspek luar negeri dan dalam negeri. Dan itu bukanlah maksud dari topik postingan saya kali ini.
Banyak hal-hal yang bisa kita jadikan acuan untuk menganalisa persaingan bisnis. Hal tersebut ialah sebagai berikut ini :
  • Harga produk
  • Jenis produk
  • Strategi marketing
  • Mutu produk
Untuk menganalisa persaingan software house juga dapat dengan cara menggunakan sistem intelejen pesaing. Untuk kepentingan itu, beberapa teknik dilakukan seperti pencarian database, survey konsumen, wawancara dengan pemasok serta partisipan lainnya yang sesuai, perekrutan karyawan pesaing termasuk mempelajari produk pesaing. untuk itu perlu disiapkan strategi yang benar - benar matang untuk bersaing dengan software house lainnya, perencanaan taktik dan strategi ini yang nantinya akan berpengaruh terhadap perkembangan software house .
Seperti itulah analisa persaingan yang bisa saya sampaikan dalam postingan saya kali ini. Semoga ini dapat dijadikan acuan bagi para agan-agan yang baru mau memulai bisnis dibidang software house. Oke terima kasih banyak sampai ketemu lagi dipostingan berikutnya ya...salamm superrrrr....

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

0 komentar: on "Analisis Persaingan Bisnis Dalam Hal Bisnis Software House"

Posting Komentar